Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten VI Resmi Dibuka

  • Bagikan

Tangerang, Mercubanten– Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten VI resmi dibuka langsung oleh penjabat Gubernur Banten Al Muktabar di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang. Minggu, (20/11/2022).

Ribuan atlet dari 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten dan masyarakat Kota Tangerang turut menyaksikan pembukaan olahraga terbesar se-Banten.

Turut hadir Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Wakil Wali Kota Tangerang yang juga Ketua PB Porprov Banten Sachrudin, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Wakil Bupati Pandeglang Tanto W. Arban, Wali Kota Cilegon yang juga Ketua Koni Banten Edi Ariadi, Ketua KONI se-Banten dan pejabat lainnya.

Dalam sambutan, Al Muktabar berharap Porprov Banten ini dapat melahirkan para atlet-atlet berprestasi. Para atlet tersebut disiapkan untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh dan Sumatera Utara.

“Selain itu kita berharap dengan dilakukan event ini akan juga ada atlet-atlet yang kiprahnya tidak hanya provinsi, tapi nasional dan bahkan kita berharap berkiprah di dunia internasional,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga menyerahkan Obor Porprov kepada atlet nasional yakni Rajiah Salsabila yang ditemani atlet berprestasi lainnya.

Penyerahan api obor sebagai simbol dibukanya olahraga terbesar di Provinsi Banten.

Diketahui, api obor tersebut beberapa waktu lalu sempat berkeliling di Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

Dalam pembukaan, berbagai atraksi ditampilkan seperti tarian yang melibatkan ratusan penari. Al Muktabar mengaku terpukau atas sajian yang berikan tersebut.

Pembukaan Porprov VI Banten 2022 sendiri dimeriahkan Band NTRL yang merupakan salah satu band nasional, lalu juga dibarengi dengan parade masing-masing kontingen Kabupaten/Kota.

“Ini pembukaan yang luar biasa. Saya mengapresiasi penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Wali Kota (Arief) dan juga kepada Bupati/Wali Kota, Wakil Wali Kota se-Provinsi Banten, segenap kebersatuan kita bersama-sama untuk memajukan olahraga di provinsi Banten,” katanya.

Terkait seremoni pembukaan Porprov, Wali Kota memaparkan tentang penggunaan aplikasi sebagai salah satu upaya untuk menjaga kondusifitas masyarakat yang akan datang ke stadion, serta mencegah penonton melebihi kapasitas yang sudah disiapkan oleh penyelenggara.

“Untuk kapasitas kami siapkan 855 dari total kapasitas, dan kami juga menyiapkan juga aplikasi untuk pendaftaran penonton,” jelasnya.

“Jadi mereka bisa daftar terlebih dahulu, untuk menentukan lokasi duduk di tribun,” papar Wali Kota kepada Penjabat Gubernur.

Arief juga menjelaskan Pemkot Tangerang juga telah membangun kanal informasi terkait Porprov VI Banten melalui laman www.porprovbanten2022.id, dimana laman tersebut memuat berbagai informasi mulai dari lokasi venue, cabang olahraga hingga perolehan medali.

Sementara itu, Ketua Koni Banten Edi Ariadi menyampaikan jumlah atlet yang berlaga di Porprov Banten ini sebanyak kurang lebihnya 6.000 orang, official kurang lebihnya 1.500 orang, wasit dan juri sekitar 2.300 orang.

“Total seluruh kurang lebihnya 9.500 belum ditambah simpatisan dan penonton sebagainya,” ujar Edi Ariadi.

Selain itu, ia mengatakan seluruh atlet dan official serta OC dan SC dicover BPJS. “Ini adalah sebagai implementasi MoU antara KONI Pusat dengan seluruh KONI provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia,” tandasnya.

Edi mengapresiasi kepada jajaran Pemerintah Kota Tangerang yang telah serius dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan dari penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Provinsi Banten.

“Kami menghaturkan rasa bangga atas perhatian pimpinan daerah dalam mempersiapkan fasilitas Porprov,” tutupnya.

(Ndy / KJK)

  • Bagikan